sejarah ksp kopdit ankara

Pada awal tahun 1987 Bapak Karolus Tue Ledjab, S.Pd  berpikir cara untuk membantu keluarga yang kesulitan uang untuk menyekolahkan anak. Bapak Karel kemudian berinisiatif untuk membentuk kelompok arisan yang beranggotakan 7 orang antara lain.

  1. Bapak Rofinus Raja Tolok
  2. Bapak YosepLanang
  3. Bapak Paulus PitoWitin (Alm)
  4. Bapak Karolus Tue Ledjab
  5. Bapak Petrus Bala Ope Luon (alm)
  6. Ibu Katarina Langobelen
  7. Bapak Bernardus Bala Ledjab (alm)
 

Besarnya  arisan Rp10.000  per anggota/bulan. Mereka bersepakat jika arisan berjalan lancar, maka selesai arisan akan dibentuk Koperasi. Terbukti arisan berjalan lancar  dan selesai  Desember 1987. Akhirnya mereka bersepakat untuk mendirikan sebuah Koperasi, maka mereka mengajak keluarga, handai tolan dan tetangga untuk bergabung  menjadi anggota koperasi. Tidak semua anggota arisan sepakat untuk membentuk Koperasi. Bapak Petrus Bala Ope meninggal sebelum arisan selesai. Sementara Ibu Katharina Langobelen tidak bersedia menjadi anggota Koperasi, dengan sendirinya tinggal lima orang yang bersepakat untuk membentuk Koperasi.

 Setelah melalui pendekatan dengan keluarga dan kawan-kawan maka pada tanggal 10 Januari 1988 berkumpulah 12 orang  dirumah Bapak Bernadus Bala Ledjab dan dibentuklah KSU Ankara. Dipilih nama “ANKARA” adalah singkatan dari Aneka Karya, yang berarti Koperasi ini menghimpun orang-orang dari berbagai profesi di antaranya Petani,  Pedagang,  Buruh, Nelayan,  Guru,  Pegawai,  Pensiunan, Ibu rumah tangga dan lain-lain. Jumlah 12 anggota belum memenuhi persyaratan minimal sebuah Koperasi, maka dibuat pendekatan dari rumah- kerumah sampai akhir tahun 1988 sehingga anggota bertambah menjadi 32 orang. Badan pengurus pertama adalah :

Ketua              : Rofinus Raja Tolok

Sekretaris        : Karolus Tue Ledjab

Bendahara I    : Pius Suban Raya

Bendahara II   : Yoseph Lanang

Badan pengawas pertama adalah

Ketua               : Bernadus Bala Ledjab

Sekretaris        : Yoseph Hoda

Anggota           : Wilem Wata Koban

Sebagai modal awal Koperasi ditetapkan Simpanan Pokok Rp 20.000 dan Simpanan Wajib Rp 500/anggota

Titik perubahan KOPERASI dari KSU ANKARA menjadi KOPDIT Tahun  Buku 1988 yang diselenggarakan pada tanggal 09 Maret 1989. ANKARA pada RAT Pada RAT Pertama Tahun Buku 1988 ini titik perubahan terjadi yaitu KSU Ankara berubah menjadi Kopdit atas masukan dari Bapak Alm. Yan Kia Poli Karangora waktu itu beliau menjabat sebagai Ketua Puskud NTT dalam kesempatan berlibur beliau diminta oleh bapak Karel untuk mengikuti RAT PERDANA. Beliau Hadir dan menganjurkan bahwa KSU di Lembata sudah ada jadi sebaiknya berubah jadi Kopdit karena Koperasi Kredit ini langkah dan belum ada di Lembata. Maka masukan itu diterima oleh pengurus dan berubalah Ksu Ankara menjadi Kopdit Ankara sampai sekarang ini.

sejak tahun ini Pengurus mulai sepakat untuk menggunakan nama Koperasi Kredit (Kopdit) ANKARA. Selanjutnya sesuai peraturan Menteri koperasi tentang Nama Koperasi Harus memiliki tiga kata maka pada RAT KSP Kopdit Ankara ke 30 Nama Kopdit Ankara berubah menjadi Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Ankara atau disingkat KSP kopdit Ankara.